Siap-Siap Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 11 Akhir Oktober Dibuka

Kartu Prakerja (foto net)

KilNews.com, JAKARTA – Pemerintah berencana membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 11 pada akhir bulan ini. Namun, pelaksanaan ini masih harus menunggu restu dari Komite Cipta Kerja (KCK).

Hal ini disampaikan oleh Head of Communications Prakerja, Louisa Tuhatu. Menurutnya, pelaksanaan tinggal menunggu arahan penambahan kuota dari KCK.

“Keputusan menambah gelombang ada di tangan Komite Cipta Kerja. Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja siap menjalankan keputusan KCK apabila memang ada penambahan gelombang (gelombang 11),” jelas dia dikutip dari CNBC Indonesia.

Saat ini, kata Louisa, terdapat 344.959 slot penerima Kartu Prakerja. Angka tersebut didapat dari penerima Kartu Prakerja yang dicabut status kepesertaannya dari gelombang pertama sampai kedelapan. Dana dari peserta ini telah dikembalikan ke Rekening Kas Umum Negara. “KCK yang akan memutuskan mau diapakan dana tersebut,” ujar Louisa.

Sebelumnya, pada Rabu (14/10/2020) Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahuddin menyatakan, pemerintah berencana membuka kembali pendaftaran Prakerja gelombang 11 di akhir Oktober.

“Dalam waktu dekat mungkin akan diumumkan apakah uang tersebut bisa dikembalikan lagi untuk membuka gelombang ke-11. Tapi intinya kita terbuka dan siap apabila kita diminta untuk membuka gelombang ke-11, kita harus segera mengerjakan, tapi mungkin sebelum akhir bulan Oktober ini kita harus menyelenggarakan untuk pembukaan gelombang ke-11,” ungkap Rudy dalam video conference.

Berikut cara daftar Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id:

-Pendaftaran dilakukan secara online di link daftar Prakerja www.prakerja.go.id. Setelah membuka lakukan login dengan akun yang telah dibuat.

-Bagi yang belum daftar, klik daftar. Lalu isi alamat email, password, dan konfirmasi password. Klik Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku. Lalu klik daftar.

-Setelah daftar, data akan diverifikasi melalui email. Klik verifikasi data melalui email.

-Isi verifikasi KTP dengan masukkan 16 digit nomor KTP, nomor kartu keluarga, dan tanggal lahir.

-Selanjutnya, verifikasi telepon dengan masukkan data diri dan nomor HP. Kode OTP akan dikirimkan melalui SMS.

-Berikutnya saat foto, pastikan seluruh wajah terlihat jelas. Jangan gunakan kacamata dan masker.

-Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online

-Klik Gabung pada gelombang daftar Prakerja yang sedang dibuka, yakni Prakerja gelombang 11.

-Tunggu pengumuman seleksi peserta yang lolos daftar Prakerja.

Selamat mencoba cara daftar kartu Prakerja untuk gelombang 11.

sumber : detik.com

foto : istimewa/net