Menag Fachrul Razi Menerbitkan Aturan Perayaan Hari Natal Pada Masa Pandemi Corona

2
Menag Fachrul Razi (foto net)

KilNews.com, JAKARTA – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi akan menerbitkan aturan terkait perayaan Hari Natal di masa pandemi Covid-19. Aturan tersebut tengah dirumuskan dan akan diumumkannya pada akhir pekan nanti.

“Masalah ibadah khusus pada saat Natal, produknya akan kami keluarkan akhir minggu ini. Kemarin sudah kami rapatkan, untuk dirumuskan bersama antara Binmas Kristen dan Binmas Katolik. Kalau masalah mudiknya juga akan kami cantumkan di situ, bersamaan kami keluarkan produk itu,” katanya dalam konferensi pers di akun sekretariat presiden, Rabu (25/11).

Fachrul menjelaskan, aturan ini pada prinsipnya adalah protokol kesehatan. Bagi yang merayakan natal tidak berkerumun dan mengecek kesehatan.

“Pada dasarnya mirip saja dengan yang lalu. Kalau di rumah ibadah betul-betul kami garis bawahi, jangan berkerumun, jaga jarak, cek kesehatan, itu tetap sama saja,” terangnya.

Selain itu, dalam aturan ini akan dibahas terkait potensi mudik menjelang hari Natal dan tahun baru. Menurutnya, situasi ini tidak jauh beda dengan Hari Raya Idul Adha.

“Jadi, kalau dalam kaitan mudik, itu sama saja dengan apa yang kami garis bawahi pada saat menghadapi Idul Fitri dan Idul Adha lalu,” tandasnya.