Menhub Budi Himbau Antisipasi Covid-19, Masyarakat Jangan Liburan Serentak

Menhub Budi (foto net)

KilNews.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengimbau agar masyarakat tidak bepergian untuk liburan serentak pada masa libur panjang periode 27 hingga 29 Oktober 2020.

Menurutnya, jika masyarakat melakukan perjalanan serentak maka potensi penularan Covid-19 akan semakin besar.

“Kami imbau, jangan semuanya tanggal 27-28 (Oktober), coba 29 (Oktober). Kalau numpuk nanti sama saja,” kata Budi dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (21/10).

Selain potensi penularan, tentu saja waktu tempuh di jalan akan semakin lama karena macet yang ditimbulkan dari membludaknya kendaraan yang hendak bepergian.

“Misalnya, perjalanan ke Solo biasanya 9 jam menjadi 12 jam,” ujarnya.

Pihaknya sendiri telah memetakan daerah mana saja yang akan dipadati oleh kendaraan. “Libur panjang ini nanti kritis. Di beberapa daerah akan macet. Lalu di kapal, arah Sumatera dan di bandara,” tuturnya.

Menhub Budi memprediksi akan terjadi lonjakan penumpang transportasi umum sebesar 20 persen pada periode libur panjang tersebut.

Oleh karena itu, dia mewanti-wanti kepada operator transportasi seperti maskapai, kereta api, dan bus, untuk menambah jumlah perjalanan agar penerapan physical distancing dapat tetap dilakukan.

sumber : merdeka.com

foto : istimewa/net

BAGIKAN