Gara Ikuti Panduan Google Maps Bus Pariwisata terperosok ke Sawah

2
Ikuti Panduan Google Map, Bus Pariwisata Terperosok di Sawah (foto Inews TV). jpg

KilNews.com, GUNUNGKIDUL – Sebuah bus pariwisata yang berwisata ke daerah Gunungkidul, Yogyakarta, tersesat dan terperosok ke sawah sedalam 2,5 meter.

Diketahui bus terlalu mengandalkan penunjuk arah yaitu Google Map, adapun penumpang yang ada didalam bus berjumlah 40 orang. Didalam proses evakuasi bus memakan waktu berjam-jam

Bus pariwisata masuk ke jalur pedesaan di Dusun Wonosobo, Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

Dari pengakuan supir bus dengan nomor polisi B 7428 BGA, Didik Santoso menjelaskan, bus berangkat dari Surabaya pergi menuju kawasan wisata di pantai Indrayanti.

Diduga karena sang sopir bus pariwisata tidak mengetahui medan dan hanya pernah ke Gunungkidul, delapan tahun lalu, menyebabkan rombongan 40 wisatawan dari Surabaya tersebut tersesat dan menuju ke arah Desa Banjarejo.

Sang sopir sempat menghentikan kendaraannya, karena jalur yang dilewati tersebut terlalu sempit, hingga menyebabkan kaca bagian belakang bus pariwisata pecah akibat menabrak pohon. Usai kaca pecah tersebut, sang sopir tetap memaksakan kendaraannya untuk masuk ke jalan desa yang sebetulnya hanya bisa dilalui oleh satu kendaraan bus saja

Sesampainya di lokasi kejadian, tepatnya di jalur menikung, sang sopir melihat adanya seutas tali kabel listrik yang melintang ke tengah jalan. Bermaksud untuk menghindari kabel tersebut, bus pariwisata mengambil jalur terlalu menepi hingga terperosok ke dalam dalam sawah.

Saat kejadian, sang sopir segera menurunkan penumpang hingga akhirnya bus tidak jadi jatuh ke area sawah. Proses evakuasi bus pariwisata sendiri memakan waktu lebih dari 10 jam. Sebanyak tujuh mobil off road dikerahkan untuk bisa mengevakuasi bus pariwisata tersebut.

“Kami tidak mengetahui jalan menuju Pantai Pulangsyawal, dan hanya mengandalkan google maps. Setibanya di jalur dekat Balai Desa Banjarejo, yang merupakan jalur pariwisata , google maps menunjukan arah ke kanan karena merupakan arah terdekat pantai, ternyata nyasar,” ujarnya.(okezone)