Ketua SPSI Kepri Saiful: Harusnya ATB Mempermudah Pemindahan Karyawannya ke PT Moya

Ketua SPSI Kepri Saiful Badri

KilNews.com, BATAM – Kondisi saat ini sampai dini pukul 02:00 Wib hari para karyawan ATB yang pindah ke PT Moya karena berakhirnya masa kerja ATB di pengelolaan SPAM masih menunggu untuk namanya dipanggil melaksanakan penandatanganan kontrak kerja ke PT Moya dan memberikan surat berkar kerja belum juga kelar.

Ketua SPSI Kepri, Saiful Badri mengatakan, kondisi yang terjadi karena ATB tidak memiliki etikad baik kepada karyawan yang sudah mengabdi puluhan tahun di ATB, terjadilah perpindahan yang tidak lazim.

“Sampai jam segini belum juga kelar,” ujarnya, Minggu(15/11/2020) dini hari.

Dibeberkannya, berakhirnya ATB pada pukul 00:00 Wib harus satu-persatu karyawan menandatangani kontrak kerja dini hari satu persatu, perpindahan karyawan seharusnya ATB dan PT Moya.

“Proses perpindahan karyawan harusnya antara mereka berdua, setelah itu ditembuskan ke karyawan. ini tidak, karyawan yang dipindahkan mereka harus bawak KK, Surat keterangan slip gaji. Hal ini tidak lazim,” ungkapnya.

Disebutnya lagi, ATB tidak punya etikad baik kepada para pekerja yang sudah mengabdi puluhan tahun dengannya, pihaknya mengecam dengan cara-cara seperti ini.

“Saya sangat mengecam cara-cara ini,” tegasnya.

Dipaparkannya,jadi buruh hanya dianggap sebagai alat, seharusnya dimanusiakan. Sehingga untuk hal ini harus kesini dari Aparat dan intansi pemerintahan Batam.

Salah Satu Pekerja yang melakukan pengurusan pindah dari ATB ke Moya, Ali menerangkan bahwa pihaknya sudah melakukan penandatanganan kontrak kerja, ada yang harus dilengkapi.

“Malam ini saya sudah melakukan penandatanganan, ada disuruh lengkapi Form Data Karyawan Moya yang telah diisi dengan lengkap yaitu Pakta Integritas Karyawan Moya yang telah ditandatangan, Copy KTP, Copy KK, Copy Akta Nikah/Surat Nikah, Copy Akta Kelahiran Anak, Curriculum Vitae (CV), Copy SK Kerja di ATB, Slip Gaji Terakhir di ATB, Copy Bukti Pembayaran Pesangon/Surat Kesepakatan Bersama dengan ATB, SPT Bukti Potong Pajak Penghasilan dan Copy Buku Rekening BCA untuk pembayaran gaji,” tuturnya.(VA)

BAGIKAN