Peluang Indonesia Gelar Balapan MotoGP 2021 Semakin Kuat Setelah BRNO Mundur

6
MotoGP (foto net)

KilNews.com, BRNO – Peluang Indonesia menggelar balapan MotoGP 2021 kembali menguat. Brno yang digadang-gadang menggelar satu seri di Eropa memutuskan mundur sebagai tuan rumah kejuaraan balap motor paling bergengsi tersebut lantaran terkendala masalah finansial.

Harapan promotor MotoGP untuk kembali menggelar balapan di sirkuit Automotodrom yang sudah menjadi tuan rumah sejak 1987 itu sirna. Penyebabnya, Dewan Kota Brno menyatakan tidak mampu membiayai perbaikan lintasan yang membutuhkan dana sekitar 3,8 juta Euro atau setara Rp65 miliar.

“Anggota Dewan setuju balapan MotoGP tidak akan berlangsung di Brno pada 2021 sehubungan dengan keadaan dan kegagalan untuk memasukkan acara itu dalam kalender resmi,” jelas pernyataan Dewan Kota Brno dilansir France24.

Dewan Kota beralasan, perbaikan tidak bisa dilakukan jika sepenuhnya ditanggung Kota Brno. Di sisi lain, Dorna Sports enggan memotong biaya 9 juta euro untuk menjadi tuan rumah balapan dan pemerintah Ceko tidak akan meningkatkan kontribusi karena anggaran sepenuhnya digunakan untuk penanganan Covid-19 .

Pemerintah Ceko sebelumnya memangkas dana hibah untuk balapan MotoGP di Brno dari 2,5 juta Euro (Rp40 miliar) menjadi 1,5 juta Euro (Rp24 miliar).

“Brno akan menjadi menjadi tuan rumah Grand Prix 2022-2026 jika Dorna memotong biaya penyelenggara dan pemerintah Ceko meningkatkan kontribusi keuangannya dalam balapan,” tambah pernyataan tersebut.

Dorna Sports dan Federasi Sepeda Motor Internasional sebelumnya meminta Dewan Kota itu untuk memperbaiki lintasan menyusul keluhan dari para pengendara setelah balapan tahun ini pada Agustus.

Mundurnya Brno sebagai tuan rumah MotoGP ini meningkatkan peluang Indonesia untuk menggelar balapan. Pasalnya, Dorna sudah menyiapkan tiga venue cadangan di mana Sirkuit Mandalika menjadi salah satunya.

Indonesia hanya harus bersaing dengan dua kandidat tuan rumah lainnya yakni Portimao, Portugal, dan Rusia. Sebelumnya, Sirkuit Mandalika sudah dipastikan menggelar ajang balap motor World Superbike 2021.

“Ide pertama adalah Brno masuk kalender sudah lama dan itu GP yang penting, tapi masalah keselamatan juga penting. Kami punya dua balapan cadangan di Eropa, Portimao dan Rusia, dan Mandalika di Indonesia. Semua tergantung apakah perlu atau tidak memasukkan seri cadangan,” kata CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta.(sindonews)

BAGIKAN