Inilah Masjid Terkecil di Dunia, Dibangun Abad ke 16

1
Masjid Terkecil di DUnia (foto net)

KilNews.com – Masjid merupakan rumah tempat beribadah dan pusat kegiatan keagamaan umat muslim. Pada umumnya, masjid memiliki ruangan dan tempat yang luas untuk menampung banyak orang. Sementara masjid yang kecil cenderung sering disebut dengan musala atau surau.

Tahukah kamu, ternyata ada masjid yang hanya dapat memuat lima orang dan dinobatkan sebagai masjid terkecil di dunia. Adalah masjid Mir Mahmood Shah, sebuah masjid yang dibangun pada abad ke-16, tepatnya pada masa Dinasti Qutb Shahi.

Terletak di Hyderabad, India, masjid ini hanya berukuran 10,21 meter persegi dan berada di tepi bukit kecil dan dibangun pada ketinggian 530 meter di atas permukaan laut.

Pada masa itu, tentara Muslim memang memiliki kebiasaan membangun masjid-masjid kecil untuk keperluan salat fardu berjemaah. Dengan gaya arsitektur khas Qutb Shahi, masjid ini dibangun dari batu dan memiliki nilai artistik yang tinggi meskipun kecil.

Dengan bahan dasar bangunan batu, menjadikan masjid ini sekilas terlihat seperti benteng. Selain itu, bangunan ini juga kebetulan berdekatan dengan Benteng Golconda.

Kini, masjid Mir Mahmood Shah tidak berfungsi sebagai tempat beribadah lagi. Jika kamu berkunjung ke sana, kamu akan melihat bangunan yang sudah tidak terawat, padahal masjid ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Sayang sekali, ya.

Meski tanaman liar dan lumut sudah memenuhi hampir seluruh bangunan ini, namun masjid ini masih layak dikunjungi.(akurat)